Pengobatan Alternatif Kanker Payudara


4 dari 10 warga Amerika menggunakan pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Vitamin-vitamin dan doa-doa penyembuhan merupakan jenis pengobatan alternatif yang digunakan oleh 6 dari 10 warga Amerika.

Tahukan Anda bahwa pengonatan alternatif juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kanker payudara

Pengobatan alternatif membantu penderita kanker payudara mengurangi efek samping dari radiasi dan kemoterapi. Disamping itu, juga bisa menurunkan tingkat stress.

Pengobatan alternatif juga membuat penderita merasa lebih kuat dan bersemangat, karena dengan cara ini mereka bisa memberi penanganan sendiri yang positif daripada hanya sekedar bergantung kepada dokter yang menangani kesehatan mereka.

Sebagian besar pengobatan pelengkap dan allternatif termasuk ke dalam obat holistik. Artinya, cara untuk mendapatkan kesehatan tubuh dan keseimbangan bagi menyeluruh tidak hanya didapat melalui tubuh tetapi pengobatan ini lebih fokus kepada pikiran, emosi dan spirit atau semangat.

Berikut beberapa jenis pengobatan alternatif yang bisa Anda gunakan:

Akupuntur: akupuntur adalah salah satu jenis pengobatan alternatif yang baik untuk kanker. Sebuah studi di tahun 2008 menunjukkan bahwa akupuntur bisa menyembuhkan kilasan panas yang diakibatkan oleh obat anti tumor. Disamping itu, akupuntur juga bisa mencegah penderita dari muntah, rasa sakit, dan kelelahan.

Tindakan Pencegahan: Jangan mencucukkan jarum pada lengan perempuan dengan simpul getah bening yang dipindahkan ke bawah lengan tersebut. Hal ini karena ada ada resiko pembengkakan dan kelebihan cairan. Perempuan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah beresiko tinggi terkena infeksi.

Tai chi dan qigong: Sebagian besar terapi CAM didasarkan pada ide bahwa "bioenergi" yang vital itu ada. Energi ini dipercaya bisa membuat sehat dan membawa penyembuhan. Penyakit akan muncul jika energi ini lemah.

Tai chi dan qigong berasal dari China. Keduanya berdasarkan pada transformasi tenaga bioenergi melalui gerakan yang lembut, dan fokus pada pernapasan, serta meditasi.

Di China, dokter menganjurkan qigong untuk kanker. Qigong digunakan sebagai penyesuai terhadap kemoterapi dan radiasi, juga sebagai terapi primer bagi kanker yang tidak bisa dioperasi dan sudah menyebar.

Banyak rumah sakit di Amerika menawarkan tai chi sebagai pelengkap terhadap pengobatan standar. Tai chi bisa meningkatkan rasa percaya diri, kualitas hidup, dan menumbuhkan perasaan yang nyaman.

Tindak Pencegahan: Karena tai chi dan qi gong sangat lembut maka ini dapat menimbulkan beberapa resiko. Bagaimanapun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan yang baru.

Reiki: reiki adalah salah satu obat energi yang berasal dari Jepang. Para praktisinya mentransformasikan bioenergi dengan menumpangkan tangan mereka di atas tubuh pasien. Sebagian besar perempuan yang mencoba reiki menyatakan bahwa mereka merasa lebih relaks.

Yoga: yoga sedang diteliti sebagai pengobatan pelengkap terhadap kanker payudara. Penelitian ini menunjukkan bahwa yoga bisa meningkatkan energi, vitalitas, dan kualitas hidup.

Perempuan penderita payudara, khususnya setelah operasi, seharusnya memilih melakukan jenis yoga yang lembut seperti hatha. Jenis yoga ini lebih terfokus pada pernapasan, gerakan yang lembut, dan relaksasi.


Sumber : http://www.mediaindonesia.com