11 Pengobatan Alternatif Kanker


Banyak pengidap kanker mencoba pengobatan pelengkap dan pengobatan alternatif. Jika kanker membuat Anda merasa kehilangan kontrol terhadap kesehatan Anda, Anda bisa mencoba pengobatan alternatif. Tetapi banyak pengobatan alternatif yang tidak terbukti efektif bahkan berbahaya.

Untuk membantu Anda memilih, berikut 11 pengobatan alternatif kanker yang biasanya aman dan ada bukti yang menunjukkan akalu 11 pengobatan alternatif ini menguntungkan.

Bagaiman pengobatan alternatif membantu Anda?

Pengobatan alternatif kanker tidak akan berperan untuk menyembuhkan kanker, tetapi bisa membantu mengatasi tanda dan gejala-gejala yang disebabkan oleh kanker dan pengobatan kanker.

Tanda-tanda dan gejala-gejala seperti kecemasan, kelelahan, mual dan muntah, rasa sakit, susah tidur, dan stres bisa dikurangi dengan menggunakan pengobatan alternatif.

Anda bisa menggunakan pengobatan alternatif kanker sebagai pelengkap pengobatan dari dokter, bukan sebagai pengganti pengobatan medis.

Walaupun pengobatan alternatif kanker seperti akupuntur bisa mengurangi gejala mual atau rasa sakit, tetapi tidak cukup efektif untuk mengganti pengobatan medis dari dokter. Berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan keseimbangan antara pengobatan tradisional kanker dengan pengobatan alternatif kanker.

1. Jika Anda merasa cemas, cobalah pengobatan alternatif seperti hipnotis, pijat, meditasi, serta teknik-teknik relaksasi

2, Jika Anda merasa kelelahan, cobalah berolahraga, pijat, teknik-teknik relaksasi atau yoga

3. Jika Anda mual dan muntah, cobalah akupuntur, aromaterapi, hipnotis, atau terapi musik

4. Jika Anda merasa sakit, cobalah akupuntur, aromaterapi, biofeedback, hipnotis, meditasi, pijat, atau terapi musik

5. Jika Anda mengalami masalah tidur, cobalah berolahraga, teknik-teknik relaksasi, tai chi, atau yoga

6. Jika Anda stres, cobalah aromaterapi, berolahraga, hipnotis, pijat, meditasi, tai chi, atau yoga

Sumber : http://www.mediaindonesia.com