Garut, Pengganti Gandum dan Beras Berkhasiat Obat


Sesungguhnya banyak sekali pangan lokal yang kandungan gizinya berani bersaing dengan terigu dan beras. Salah satunya, garut (Maranta arundinaceae).

Sesungguhnya banyak sekali pangan lokal yang kandungan gizinya berani bersaing dengan terigu dan beras. Salah satunya, garut (Maranta arundinaceae). Selain banyak manfaat, garut juga mudah ditanam lho.

Tanaman yang kini nyaris terlupakan di tengah gaya dan pola makan kita ini mengandung karbohidrat dan zat besi lebih tinggi dibandingkan tepung terigu dan beras giling. Sementara itu, kandungan lemaknya terendah ketimbang terigu dan beras. Kandungan kalori tepung garut pun hampir sama dengan beras dan terigu. Ini artinya garut sungguh layak dikonsumsi!

MUDAH DITANAM
Sifat khas tanaman garut adalah sangat toleran terhadap lingkungan yang ternaungi. Oleh karena itu, ia sangat cocok ditanam di perkarangan atau kebun yang sudah ada pohon-pohonnya. Tanaman ini juga bisa beradaptasi dari dataran rendah sampai ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Kebutuhan bibit dicukupi dengan memanfaatkan ujung umbi sepanjang 4-7 cm, dengan memiliki 2-4 mata tunas. Uniknya, usia tanaman ini mencapai 7 tahun dan dipanen setiap tahun. Jadi ketika panen, tinggalkan sebagian ujung-ujung umbinya, yang kelak akan tumbuh menjadi tanaman baru lagi.

Bagaimana cara menanamnya? Cangkul tanah perkarangan atau kebun, biarkan 2 minggu, lalu buat bedeng-bedengan berukuran lebar 100 - 120 cm dengan tinggi 20 - 30 cm, dan panjang disesuaikan lapangan. Buatkan lubang tanam, dan tambahkan pupuk kandang 7 ons/lubang. Biarkan selama sekitar 2 minggu. Jarak tanam 50 - 60 x 15 - 30 cm.

Setelah itu, masukkan bibit ke lubang tanam dan berikan campuran Urea, TSP dan KCL sebanyak 2 kg/lubang (2 : 1 : 1). Segera tutup lubang dengan tanah.

Setelah penanaman, lanjutkan dengan pemeliharaan yang meliputi penyiangan, pembumbunan, pengendalian hama penyakit, dan juga pemupukan. Pada umur 3,5 bulan dipupuk lagi dengan Urea dan KCL sebanyak 1 kg/tanaman (1 : 1). Caranya, pupuk ditaburkan sepanjang antarbarisan tanaman. Nah, setelah tanaman berumur 10 - 12 bulan, garut sudah bisa dipanen.

BANYAK MANFAATNYA
Tanaman garut berakar serabut. Rhizomanya mula-mula tampak berupa batang yang merayap, lalu menembus ke dalam tanah, dan membengkak menjadi suatu organ berdaging. Rhizoma garut memang khas, yaitu melengkung seperti busur panah, berwarna putih, berdaging, dan terbungkus sisik-sisik yang saling menutupi. Panjangnya sekitar 20 - 40 cm dengan diameter 2 - 5 cm.

Jika diperhatikan, karakteristik umbi garut dapat dipilahkan menjadi dua, yakni:
• Garut Banana
Jenis ini memiliki rhizoma berukuran pendek, gemuk, dan tumbuhnya menjalar di permukaan tanah.
• Garut Creole
Jenis ini memiliki rhizoma berukuran panjang, kurus, dan tumbuhnya mnembus ke dalam tanah.

Tanaman garut memberikan hasil yang utama berupa umbi dan mempunyai banyak kegunaan, antara lain:
- sebagai tanaman penghias, karena keindahan daunnya.

- direbus atau dikukus dan langsung dimakan.

- mengandung tepung pati yang sangat halus dan mudah dicerna sehingga tepung garut banyak dipakai dalam industri makanan bayi dan makanan khusus orang-orang sakit.

- sebagai obat tradisional yang berkhasiat menyembuhkan mencret, eksem, memperbanyak air susu ibu (ASI), dan menurunkan suhu badan yang terjangkit demam.

- sebagai bahan pembuatan kosmetika, lem, dan minuman beralkohol.

- air perasan umbi garut digunakan sebagai penawar racun lebah, racun ular, dan obat luka.

- Tepung garut diolah menjadi makanan tradisional seperti: keripik, cake pisang, gabes udang, kue lapis, kue semprit, cendol, siomay, kue kacang, kue putri salju, ongol-ongol, dan sebagainya.






  • href="http://www.payooclub.com/pages/index.php?refid=hasan7226">payooclub.comborder="0"
    src="http://www.payooclub.com/images/banner.gif"/>











  • Gabung disini



  • Gabung disini



  • Gabung disini



  • ========================================



    GRATIS Report
    "Bagaimana Mendapatkan 1 Juta Rupiah Pertama Anda Lewat Internet"





    >> Ya Saya Mau GRATIS Sekarang <<





    ========================================