Membuat Buah Tanpa Biji



Memakan buah tanpa harus menyisihkan biji-bijinya tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Alias kita bisa mengunyahnya sekaligus tanpa membuat bijinya tertelan.

Banyak orang awam yang bingung dengan keberadaan atau asal buah yang tanpa biji. Apa dari bibitnya sudah tanpa biji?. Lalu bagaimana kalau tanpa biji cara menanamnya?

Sebenarnya penelitian di Indonesia terhadap buah-buahan tanpa biji masih belum selengkap negara-negara subtropis karena keterbatasan literature.

Pada dasarnya buah tanpa biji terbentuk akibat mutasi,persilangan atau kombinasi antara keduanya. Akibat dari tiga macam kondisi inilah tercipta varietas buah tanpa biji atau jenis hibrida tanpa biji.

Belakangan ini buah-buahan tanpa biji dapat dihasilkan dari varietas yang berbiji tanpa perlu mengubahnya menjadi varietas atau hibrida. Caranya dengan perlakuan radiasi atau zat kimia.

Metode ini sudah banyak dikembangkan oleh para petani anggur di negara maju seperti jepang yang dapat menghasilkan varietas anggur Delaware yang sebenarnya berbiji dengan cara tersebut. Bakal buah disemprot dengan zat kimia tertentu sehingga pada perkembangan buah anggur tersebut berkembang tanpa adanya biji.

Proses pembentukan buah tanpa biji tentunya harus melalui bantuan tangan manusia. Tetapi jika kaalu memang varietas maupun hibrida memang buah tanpa biji,baik secara mutasi,persilangan atau kombinasi bisa terjadi secara alami maupun dengan bantuan manusia.

Jeruk WNO (Washington Naval Orange) adalah salah satu contoh hasil mutasi alami. Jeruk manis paling popular yang disukai karena tidak berbiji seperti jeruk sukun,jeruk besar tanpa biji yang banyak ditanam orang di kabupaten Sambas,Kalimantan Barat. Kemudian jeruk Satsuma,jeruk keprok tanpa biji asal jepang.

Berikut ini adalah teknik yang paling mudah yang bisa diterapkan untuk skala hobi ataupun komersial seperti yang telah berhasil diterapkan di kebun percobaan Banjarsari,Probolinggo,Jawa Timur yang mengambil sembilan varietas sebagai penelitian antara lain :

Anggur bali,Delaware,situbondo kuning,white Malaga,Bs 24,Bs 57, Bs 60,Bs 61 dan Bs 73.

Yang perlu disiapkan sebagai zat pembantu penghambat pertumbuhan biji yaitu larutan promalin dengan cara sebagai berikut :

o Begitu tanaman sudah menunjukan bakal bunga atau buah maka saat itulah yang paling tepat melakukan pencelupan ke dalam larutan promalin tersebut.

o Promalin itu sendiri adalah zat pengatur tubuh dengan bahan aktif GA4+7 + BA.

o Kosentrasi larutan gunakan adalah 0 (sebagai pengontrol),500,1000 dan 2000 ppm promalin per liter aquades (air suling)

o Pencelupan hendaknya dilakukan selama 5 detik pada saat pagi atau sore hari dengan tujuan supaya pengaruh sinar matahari yang kuat pada siang hari tidak mempengaruhi reaksi zat pengatur tersebut.

o Setelah perlakuan tersebut maka tanaman tidak memerlukan perlakuan khusus hingga masa panen tiba.

o Begitu buah menjadi besar dan tiba saat dipanen maka buah yang dihasilkan tersebut sudah tanpa biji.

Dari masing-masing kosentrasi yang diberlakukan ternyata hasil yang paling bagus dihasilkan dari larutan promalin 1000 ppm.

Demikian cara membuat buah anggur menjadi tanpa biji. Sederhana bukan? Silakan deh mencoba siapa tahu ini bisa kita terapkan pada tanaman buah yang lainnya.






  • href="http://www.payooclub.com/pages/index.php?refid=hasan7226">payooclub.comborder="0"
    src="http://www.payooclub.com/images/banner.gif"/>











  • Gabung disini



  • Gabung disini



  • Gabung disini



  • ========================================



    GRATIS Report
    "Bagaimana Mendapatkan 1 Juta Rupiah Pertama Anda Lewat Internet"





    >> Ya Saya Mau GRATIS Sekarang <<





    ========================================